Manajemen Mutu

E-mail Print PDF

Wakil Manajemen Mutu (WMM)

Sebagai konsekwensi logis dari diterapkannya Sistem Manajemen Mutu  ISO 9001-2008 di SMKN 58 Jakarta, menghadirkan adanya jabatan Wakil Manajemen Mutu pada organisasi sekolah yang memiliki tugas yang spesifik berkaitan dengan operasional sistem ISO 9001-2008.

WMM mempunyai tanggung jawab dapat mencakup sebagai penghubung dengan pihak luar dalam masalah yang berkaitan dengan sistem manajemen mutu.

Tanggung jawab dan wewenang WMM meliputi :

1. Memastikan proses yang diperlukan untuk sistem manajemen mutunya ditetapkan, diimplementasikan dan dipelihara.

2. Melaporkan kepada pimpinan puncak tentang kinerja sisten manajemen mutunya dan kebutuhan apapun untuk perbaikan, dan

3. Memastikan promosi kesadaran tentang persyaratan pelanggan diseluruh organisasi.

Sekilas Info ISO 9001-2008 di SMKN 58 Jakarta

Pada tanggal 22 Februari 2008 dimasa kepemimpinan H. Suharno, MPd, kepala sekolah ke tiga, Sertifikat Manajemen Mutu ISO diterapkan di SMKN 58 Jakarta dengan segala tantangannya serta perjuangannya dalam proses persiapan, pelatihan maupun implementasinya.

Dalam perjalanannya Sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001-2008 di SMKN 58 Jakarta telah mengalami beberapa kali pergantian awak sebagai Wakil Manajemen Mutu.

Wakil Manajemn Mutu pertama dipercayakan kepada Drs. Anas Rosich, MPd yang  saat itu merangkap jabatan sebagai Wakasek Kurikulum. Beliau memimpin kurang lebih 1 tahun, selanjutnya diganti karena mendapat tugas sebagai Kepala Sekolah SMKN 7 Jakarta yang selanjutnya pindah menjadi Kepala Sekolah SMKN 5 Jakarta sampai saat ini.

Wakil Manajemen Mutu kedua dipercayakan kepada Drs. Lambas Pakpahan, MM yang juga menjabat dalam waktu kurang lebih 1 tahun juga karena dipercaya untuk mengemban tugas baru sebagai Waka Kurikulum yang harus fokus meningkatkan prestasi siswa maupun lulusannya.

Sebagai penggantu Drs. Lambas Pakpahan, MM, diangkatlah Drs. H.Usmin, MA sebagai Wakil Manajemen Mutur ketiga yan sekaligus menjabat sebagai Wakasek Humas DU/DI. Beliau memimpin SMM ISO 9001-2008 juga tidak lama, kurang lebih selama satu tahun juga. Karena kesibukannya beliau diganti setelah memberian kontribusi yag cukup signifikan bagi perkembangan sistem ISO 9001-2008 di SMKN 58 Jakarta.

Sebagai Wakil Manajemn Mutu ke empat pipercayakan kepada Drs. Agus Irianto, M.Hum yang sekaligus merangkap sebagai Wakasek SDM yang mengurusi sumber daya manusia di sekolah ini.

Beliau memimpin Sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001-2008 di SMKN 58 sampai saat ini yang bertekad mengimplemntasikannya sampai mendarah daging bagi warga SMKN 58 khususnya manajemennya.

Last Updated ( Monday, 11 June 2012 08:09 )